Senin, 05 Desember 2016

Smartphone Yang Kamu Pilih Menunjukkan Siapa Dirimu

Logo untuk iPhone (atas) dan Android (bawah)
image sourcePicshouse2.com
Pengguna Android lebih jujur daripada pengguna iPhone, berdasrkan studi yang dipublikasikan minggu ini, yang mana menemukan hubungan antara kepribadian dengan tipe smartphone untuk pertama kali.

Empat dari lima orang dewasa UK sekarang memiliki smartphone dengan pembagian pasar 50/50 antara dua operasi sistem yang saling bersaing.

Hubungan smartphone dengan kepribadian kita ditandai oleh psikolog sebagai perpanjangan dari diri kita sendiri.

Tidak hanya dapat mengatur sesuai dengan pilihan kita, akan tetapi tipe smartphone menunjukkan dua petunjuk tentang diri kita sebenarnya.

Peneliti memberikan lebih dari 500 pengguna smartphone dengan beberapa kuesioner tentang dirinya sendiri dan sikapnya terhadap telpon gengamnya.

Perbandingan antara pengguna Android dan iPhone menunjukkan bahwa pengguna iPhone seperti:
  • Lebih Muda.
  • Dua kali lebih mirip seperti perempuan.
  • Lebih melihat bahwa telefon sebagai objek status.
  • Lebih Ektroversi.
  • Kurang memperdulikan tentang memiliki peralatan yang banyak dipunyai oleh banyak orang.
Kebalikanya, pengguna Android seperti:
  • Laki-laki.
  • Lebih tua.
  • Lebih jujur.
  • Mudah setuju.
  • Kurang melanggar aturan untuk kepentingan pribadi.
  • Kurang tertarik dengan kekayaan dan status.
Dr David Ellis dari Universitas Lancaster mengatakan: "Dalam studi ini, kita menunjukkan untuk pertama kali bahwa pilihan individu terhadap sistem operasi smartphone dapat menyediakan petunjuk yang berguna ketika digunakan untuk memprediksi kepribadian dan karakteristik individual lainya.

Dalam studi berikutnya, psikolog dapat mengembangkan program komputer yang dapat memprediksikan tipe smartphone yang dimiliki individu berdasarkan perbedaan pengguna iPhone dan Android.

Co-leadnya Heather Shaw dari Universitas Lincoln mengatakan: Itu menjadi lebih dan lebih terlihat bahwa smartphone menjadi versi digital kecil dari pengguna, dan kebanyakan dari kita tidak menyukai orang lain untuk menggunakan telefon kita karena dapat mengungkapkan sebagian besar tentang diri kita.


Secera sederhana, penelitian ini menemukan hubungan kepribadian dengan tipe penggunaan smartphone, dan perbedaan karakteristik individu antara pengguna smartphone Android dan iPhone. Diharapkan penelitian berikutnya dapat mengembangkan program komputer untuk memprediksi tipe smartphone yang dimiliki individu berdasarkan perbedaan pengguna iPhone dan Android.


Sumber Jurnal:
Heather Shaw, David A. Ellis, Libby-Rae Kendrick, Fenja Ziegler, Richard Wiseman. Predicting Smartphone Operating System from Personality and Individual Differences. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 2016; DOI: 10.1089/cyber.2016.0324

2 komentar:

  1. Uh uh padahal pakai Android. Komen disini pun pakai Android. Apakah aku jadi pria hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan diri mbak yuki, apakah mbak punya karakteristik laki-laki?

      Hapus